Metode 15-30+15 Agar Daging Cepat Empuk

Hari ini tanggal 12 Dzulhijjah adalah hari terakhir pemotongan hewan kurban. Tahun ini kembali my husband ditunjuk sebagai Ketua Panitia Kurban di salah satu masjid di Kab.Jembrana.

Alhamdulillah, walaupun tahun ini masa-masa sulit situasi Covid, akan tetapi masyarakat yang berkurban jumlahnya bertambah. Tujuh ekor sapi serta 4 ekor kambing berhasil panitia kumpulkan.

Pelaksanaan penyembelihan dilakukan pada hari Rabu, 21 Juli 2021 bertempat di pelataran Masjid. Seluruh panitia bekerja sesuai tupoksinya masing-masing.  Acara berjalan cukup lancar dimulai pukul 07.00 WITA hingga selesai pukul 14.WITA.

Sebagaimana kita ketahui tidak semua orang memiliki hidup yang layak. Sebagian besar masyarakat terkhusus ekonomi lemah sangat jarang sekali mengkonsumsi daging. Terlebih dalam kondisi saat ini, PPPKM yang semakin meluluhlantakkan perekonomian masyarakat.

Baca Juga http://www.ritapinang.my.id/2021/07/meriahkan-idul-adha-1442h-di-masa.html

Bisa berbagi dalam kondisi saat ini adalah sesuatu yang patut kita syukuri atas nikmat rezeki yang telah Allah titipkan. Salah satu bentuk ungkapan rasa syukur tersebut adalah dengan berkurban.

Berbicara tentang kurban, saya yakin sobat online yang beragama Islam pasti kebagian daging kurban dari handai taulan di sekitar lingkungan tempat tinggal.

Jika sobat online mendapatkan daging kurban dan kebetulan mendapatkan lebih dari satu bungkus.  Jika sobat merasa kebanyakan jika dimasak sekaligus dan menghindari mubazir berikut ini tips yang dapat sobat lakukan ketika memiliki daging yang banyak.

  1. Bungkus daging tanpa dibersihkan terlebih dahulu kemudian masukan ke dalam kresek putih dengan ukuran cukup untuk satu kali masak. Misal sobat bungkus ukuran ½ kilo ataupun 4 ons sesuai takaran sobat sekali masak.
  2. Masukkan daging yang telah dibungkus tadi ke dalam freezer.
  3. Ketika sobat hendak memasak, sobat bisa menggunakan rumus 15 – 30 + 15 (artinya didihkan daging selama 15 menit kemudian matikan kompor tutup rapat hingga 30 menit kemudian nyalakan kembali kompor selama 15 menit. Hal ini bertujuan agar  daging cepat empuk dan tidak buar dengan gas.
  4. Cara lain untuk mengempukkan daging bisa juga dengan membungkus dengan daun pepaya atau nanas.
  5. Masak dengan aneka kreasi misal hari ini rendang, besok sup, atau sate, kare, tongseng agar tidak jenuh.

Demikianlah tips memperlakukan daging kurban, agar awet, cepat empuk dan tidak lekas busuk. Semoga Allah memberi umur panjang kepada kita semua, dimurahkan rezeki dan  kesehatan agar kita dapat berkurban dan berjumpa kembali dengan Idul Adha tahun berikutnya.

Diterbitkan oleh catatangurumilenial

Guru yang selalu ingin belajar

12 tanggapan untuk “Metode 15-30+15 Agar Daging Cepat Empuk

  1. Wow Amazing bun. Tadi siang saya dapat gambarnya di SW, Malam ini saya dapat ilmunya di blog. Terimakasih bunda Rita yang multitalenta😍

    Suka

  2. Informasi yang sangat menarik dan memang harus bersyukur orang yang sudah berkurban karena dia bisa mendapatkan daging dengan nikmat.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: