Integrating Digitals Tools in Lesson Plan By Mr.Dadan

Like or dislike masa pandemi ini guru dituntut untuk memanfaatkan teknologi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dilakukan secara daring (online) atau dikenal dengan istilah  Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh).

Hari ini Sabtu 18 Juli 2020 pukul 13.00 -14.30 WIB Live via zoom dan Youtube. Mr. Dadan memberikan tips dan strategi bagaimana cara mengintegrasikan digital tools dalam RPP dengan prinsip Simplicity and Consistency.

Begitu banyak media, tools pembelajaran online saat ini. Pusat Studi Sumber Daya Manusia (PSSDM) bekerjasama dengan Association For International Minded School Educators Indonesia (AISEI) mengadakan Workshop Online  dengan tema Integrating Digitals Tools in Lesson Plan  dengan nara sumber Mr.Dadan Educator at Bandung Independent School (Founder Kelas Kreatif).  

Selain berprofesi sebagai seoarang guru Mr. Dadan juga aktif sebagai  penulis dan trainer. Beliau merupakan alumni Pendidikan  S1 Bahasa Inggris UPI dan S2 Administrasi Pendidikan UPI.

Ketika mengajar dikelas Mr. Dadan selalu mengawali dengan permainan. Baik ketika pembelajaran secara face to face apalagi pembelajaran daring dengan tujuan selain untuk mengenal siswa juga sebagai relaksasi untuk menyemangati peserta didik dalam belajar.

Dengan workshop online ini diharapkan Bpk/ibu bisa mempunyai gambaran tentang kelas online. Agar pembelajaran secara online dapat berjalan dengan lancar maka ada kriteria sukses dalam kelas online yaitu :

  1. Mengetahui (kita harus mengetahui terlebih dahulu teori tentang pembelajaran online)
  2. Mencoba (Bapak/ibu harus mencoba beberapa tools yang ada, agar Bpk/ibu tahu tools mana yang simple, user friendly dan mudah, untuk digunakan dalam pembelajaran secara daring.
  3. Memanfaatkan tools (Setelah dicoba Bpk/ibu harus memanfaatkan tools yang Bpk/ibu pelajari dalam pembelajaran.

Kriteria Sukses:

  1. Mengetahui
  2. Mencoba
  3. Memanfaatkan Tools

FACE TO FACE VS ONLINE LEARNING

Online instruction is becoming increasingly popular, but can it measure up to face-to-face teaching in terms of quality? While there are some important differences between online and face-to-face instruction, both modes of teaching are able to deliver a high-quality learning experience to students.

TATAP  MUKA VS PEMBELAJARAN ONLINE
Pembelajaran online menjadi semakin populer, tetapi apakah bisa mengukur pengajaran tatap muka dari segi kualitas? Meskipun ada beberapa perbedaan penting antara pembelajaran online dan tatap muka, kedua cara mengajar tersebut mampu memberikan pembelajaran yang berkualitas tinggi.

Tools yang bisa bapak/ ibu gunakan dalam pembelajaran jarak jauh adalah :

  1. Zoom chat (kosa kata )
  2. Padlet
  3. https://wheelofnames.com/ Permainan roda berputar, dimana roda berhenti siswa harus menjawab.
  4. https://www.menti.com. Tools ini bisa digunakan oleh Bpk/ibu untuk memberikan soal.
  5. Sway (untuk menyampaikan materi)
  6. Google Slide (untuk menyampaikan materi)
  7. Google docs (menempatkan bahan materi)
  8. Teaming (memberikan soal)
  9. Edpuzzle (memberikan soal)
  10. Whiteboard.fi (apersepsi/menjawab soal)

dan masih banyak lagi lainnya seperti :

  1. Whatsapp
  2. Telegram
  3. Facebook

Pelatihan workshop online kali ini fokus pada pembahasan:

  1. Apersepsi
  2. Penyampaian materi
  3. Kegiatan siswa (kegiatan latihan)
  4. Penutup
  5. Penilaian (formatif/sumatif)

Baca Juga Materi Managing Learning From Home By Dr. Capri Anjaya https://wordpress.com/block-editor/post/catatangurumilenial.wordpress.com/223

Berikut ontoh tools yang bisa Bpk/Ibu gunakan dalam Distancing Learning

  1. ZOOM menggunakan aplikasi zoomchat untuk tanya jawab.
Peserta Workshop Online Integrating Digitals Tools in Lesson Plan

2. PADLET dalam menggunakan tools padlet

  • Peserta dibagi menjadi kelompok kecil yang terdiri dari 5 orang.
  • Di dalam kelompok: Tentukan siapa ketua, sekretaris dan juru bicara,
  • Diskusi dilakukan selama 7 menit.
  • Hasil diskusi ditulis oleh sekretaris di padlet Link: https://padlet.com/kk105writers/kfafafovo5fe5hc0
  • Setelah semua kembali ke room utama, juru bicara akan berbagi hasil diskusi.
Kegiatan Workshop Onlie Menggunakan Padlet.com

3. MENTI

menti.com

4. WHEELOFNAMES

wheelofnames.com

5. EDPUZZLE

6. TEAMING

7. WHITEBORD.FI

8. SWAY

9. CLASSMAKER

https://www.classmarker.com/

Terus bagaimana cara memilih kriteria tools untuk Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh). Berikut 7 kriteria dalam memilih tools untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ):

  1. Simplicity yaitu sederhana/mudah. tools yang Bpk/ibu gunakan harus user friendly dan mudah. Karena yang harus Bpk/ ibu perhatikan adalah  siswa menerima materi pembelajaran. Jangan sampai siswa terbebani dengan materi dan tools.
  2. Consistency dalam menggunakan tools Bpk/ibu harus kosisten menggunakan tools misalkan Bpk/ibu menggunakan zoom, Bpk/ ibu harus konsisten selama 1 bulan menggunakan zoom jangan diganti setiap minggu siswa diberi tools yang baru. Hal ini bisa membuat siswa kesusahan dalam penyesuaian tools.
  3. Menarik salah satu ciri pembelajaran online itu adalah siswa susah diajak diskusi maka Bpk/ibu harus memilih tools yang simplicity, ajak siswa bermain dengan menggunakan salah satu tools dengan demikian siswa kelihatan partisipasinya di dalam kelas online.
  4. Gunakan tools yang dapat menjelaskan materi dengan sebaik-baiknya seperti menggunakan perpaduan tools google slide, menti dan lainnya. Agar materi yang kita sampaikan tidak terpotong yang bisa membingungkan siswa.
  5. Efisien gunakan tools yang seefisien mungkin.
  6. Mudah dipahami, tools yang simplicity akan memudahkan siswa.
  7. Gunakan tools tersebut sesuai kebutuhan misalkan apersepsi menggunakan whiteboard.fi , materi mengunakan sway, tanya jawab menggunakan quiz dan lain sebagainya.

Untuk melihat materi yang lengkap dari Mr.Dadan silahkan klik tautan berikut ini https://sway.office.com/3NUWAldEQoSgXRNP?ref=Link

Berikut contoh RPP Pembelajaran online https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/

Demikianlah materi yang sangat menarik dari Mr.Dadan Founder Kelas Kreatif benar-benar membuka wawasan saya sebagai guru. Apalagi sebagai guru TIK saya tertantang untuk  mencoba menggunakan tools yang telah disampaikan oleh Mr. Dadan. Terima kasih  kepada PSSDM dan AISEI yang telah memfasilitasi workshop online  ini  dan thank you so much to Mr. Dadan atas ilmu yang bermanfaat  semoga menjadi amal jariyah bagi Mr.Dadan dan menjadi ilmu yang bermafaat bagi Bpk/ibu guru terkhusus bagi saya pribadi.

Peresume Rita Wati

Integrating Digital Tools in Lesson Plan By Dadan

Diterbitkan oleh catatangurumilenial

Guru yang selalu ingin belajar

11 tanggapan untuk “Integrating Digitals Tools in Lesson Plan By Mr.Dadan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: